MEDIA INFORMASI KAPUAS HULU

Monday, September 18, 2017

Mengenal Lebih Jauh Kabupaten Yang Berada di Ujung Borneo

Kota Putussibau, Kab. Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat

Kabupaten Kapuas Hulu adalah salah satu Daerah tingkat II di Provinsi Kalimantan Barat Memiliki luas wilayah 29.842 km² dan berpenduduk 222.160 Hasil Sensus Penduduk Tahun 2010. Ibu kota kabupaten ini terletak di Putussibau yang dapat ditempuh lewat transportasi sungai Kapuas sejauh 846 km, lewat jalan darat sejauh 814 km dan lewat udara ditempuh dengan pesawat berbadan kecil dari Pontianak menuju Putussibau. Nama bandar udaranya adalah bandar udara pangsuma.

Makanan Khas Kapuas Hulu
Kerupuk Basah
Kapuas Hulu ini juga banyak keanekaragamannya baik dari segi suku dan budaya maupun flora dan faunanya, di sini juga kita dapat menemukan masyarakat yang ramah dan santun, masyarakat yang kental dengan gotong royongnya dan masyarakat yang menjunjung tinggi adat istiadatnya.

Seperti Kabupaten lainnya juga Kapuas Hulu mempunyai makanan khas yang tidak kalah menariknya untuk kita coba, makanan khasnya yaitu Kerupuk basah atau temet (sebutan dari masyarakat Kapuas Hulu). Kerupuk basah berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk yang satu ini tidak melalui proses dijemur dan digoreng seperti lazimnya pembuatan kerupuk lainnya.

Bukit Semujan
Bahan bahan pokok untuk membuat makanan ini pun sangat mudah untuk kita jumpai , seperti Ikan air tawar , tepung sagu/kanji putih, bawang merah, bawang putih, garam secukupnya, namun jenis ikan air tawar yang sering di gunakan adalah Ikan belidak. Dan jangan lupa untuk mengunggah selera kita juga perlu membuat sambalnya, biasanya sambal yang di buat itu terdiri dari 2 rasa yang pertama sambal yang terbuat dari kacang tanah dan yang kedua sambal yang terbuat dari cabe rawit merah yang super pedas.
Kabupaten Kapuas Hulu juga memiliki potensi wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan kabupaten lainnya yang ada di Indonesia, seperti wisata alam yaitu bukit ampan (Kec.Pengkadan), bukit semujan (Kec. Jongkong), air terjun medang pulang (Kec.hulu gurung), air terjun sarai berunyau (Kec. Bunut hulu) dan masih banyak lagi wisata alamnya, jadi ketika berkunjung ke Kapuas Hulu jangan lupa menjelajah wisata alamnya ya. (MIKH)


⇒ Budi Pratama







2 comments: